5 Makanan Khas Kota Balikpapan Ini Memiliki Nama yang Unik

Salome Kota Balikpapan
Salome I Ilustrasi (dimanaaja.com)

Terkini.id, Balikpapan – Setiap daerah pasti punya makanan khasnya masing-masing, tidak terkecuali Kota Balikpapan. Meskipun masyarakat Kota Balikpapan sendiri kadang tidak menyadarinya.

Sebagian Warga Kota Balikpapan akan bingung ketika kerabatnya datang dari luar Kota dan bertanya mengenai makanan khas dari Kota Balikpapan itu seperti apa. Karena pada umumnya, Kota Balikpapan sendiri merupakan sebuah Kota kecil di salah satu sudut Kalimantan Timur, hampir tidak diketahui lagi keberadaan suku aslinya.

Hampir keseluruhan warganya merupakan suku pendatang yang sudah lahir dan memiliki keturunan di Kota Balikpapan, sehingga makanan yang sering ditemukan pun kebanyakan makanan khas dari luar kota.

Namun betulkah Kota Balikpapan tidak memiliki makanan khas sama sekali?

Meski seringkali masyarakatnya sendiri tidak menyadari, namun sesungguhnya makanan yang lahir dan terkenal di kota itulah makanan khasnya.

  • Salome
Salome I Ilustrasi (dimanaja.com)

Tidak diketahui dengan pasti mengapa dinamakan ‘salome’, namun orang-orang Balikpapan menyebutnya sedemikian. Salome pada awal-awal kemunculannya, merupakan beberapa buah bakso mini (sekitar 4-5) yang di-‘cucuk’ (tusuk) menjadi satu menyerupai sate, lalu beberapa cucuk ditaruh di dalam plastik es dan dinikmati dengan kecap manis, saus tomat, sambal, selayaknya makan bakso.

Mengikuti perkembangan jaman, kini salome tidak menggunakan tusukan lagi, melainkan langsung ditaruh di dalam plastik es beberapa buahnya, kemudian diberi saus-saus yang diinginkan dan setelah plastiknya diikat, para pembeli dapat menikmatinya melalui ujung bawah plastik es yang dibolongi. Kini juga telah tersedia tambahan saus kacang.

  • Sanggar
Pisang Goreng I Ilustrasi (fimela.com)

Singkatan dari Sanggar adalah Pisang Garing, dimana pisang kepok digoreng dengan tepung manis hingga luarannya krispy. Tidak jauh beda dengan Pisang Goreng yang berada di luar kota. Namun cara menikmati Sanggar di Kota Balikpapan cukup unik, yaitu dicelup pada sambel singkong terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam mulut.

  • Pisang Gapit
Pisang Gapit I Ilustrasi (suara.com)

Nama Gapit menggambarkan sebuah pisang yang diapit hingga penyet. Pisang Gapit merupakan salah satu makanan khas Kota Balikpapan dimana pisang setelah dipanggang, dipenyet, lalu disiram saus gula merah kental (semacam kimca) dan kadang diberi potongan nangka agar lebih nikmat.

  • Sanggar Cempedak
Sanggar Cempedak I Ilustrasi (cendananews)

Buah cempedak merupakan buah hutan dari Pulau Kalimantan dimana memiliki berjuta manfaat, yaitu mulai buahnya, biji hingga kulitnya bisa dinikmati semua. Entah apa yang menyebabkan Buah Cempedak yang digoreng menggunakan tepung juga disebut dengan Sanggar, namun begitulah Orang Balikpapan menyebutnya.

  • Abon Kepiting
Abon Kepiting I Ilustrasi (Dictio Community)

Abon Kepiting merupakan buah karya UKM Kota Balikpapan, dimana awal berdirinya, yaitu pada tahun 2006, melalui pameran dan kontes makanan. Kala itu Pak Ansori selaku pencetus Abon Kepiting sebagai makanan khas Kota Balikpapan menjadi juara 1 kontes.

Konten Bersponsor

Komentar

Laporkan Tulisan

Kami akan menggunakan masukan Anda untuk mempelajari ketika sesuatu tidak benar